cara membuat mie ayam

Cara Membuat Mie Ayam Lezat Selera Masyarakat

Diposting pada

Hai mom… sudah pernah mencoba membuat mie ayam sendiri? Belum, wahhh padahal mudah banget lho Cara Membuat Mie Ayam , tapi jangan khawatir  mom, kita akan berbagi resep masakan mie ayam lhooh..mau coba mom yuk simak aja nih resepnya dan jangan lupa langsung praktekin biar makin oke.

Yang harus kita siapkan terlebih hulu yaitu masakan bumbu ayam, ini adalah pelengkap utama. Ayam terlebih dulu dimasak menggunakan bumbu semur, dan kita menggunakan bumbu yang sifatnya opsional dan tergantung selera. Namun, penggunaan bumbu tersebut sebenarnya kunci rasa serta aroma khas dari mie ayam lezat yang akan kita buat. Mie yang akan kita gunakan untuk mie ayam, bisa diperoleh di swalayan atau dipasar tapi dalam kemasan per kilogram. Biasanya per kilo bisa dibagi jadi 10-16 porsi namun juga tergantung dari pembuatnya. Jika bahan mie nya sulit didapat kita bisa juga membuatnya sendiri dengan mie instan.

cara membuat mie ayam

Cara Membuat Mie Ayam, gimana tuh ? apa aja sih bahan– bahan yang di butuhin ?

 

Siapin bahan – bahan ini ya mom:

  1. Mie basah / kering (1/2 kg, rebus)
  2. Ayam (350 gr, potong kotak kecil lalu cuci bersih dan masak)
  3. Daun sawi (secukupnya, rebus)
  4. Daun bawang (23 batang, iris kecil)
  5. Minyak ayam (150 ml)
  6. Kecap asin (150 ml)
  7. Kecap manis (3 sendok)
  8. Kecap inggris (2 sendok)
  9. Penyedap rasa (secukupnya)
  10. Bawang goreng (secukupnya)

Bumbu yang perlu di haluskan ;

  1. Bawang merah (5 siung)
  2. Bawang putih (4 siung)
  3. Kemiri (4 buah)
  4. Jahe (3 cm)
  5. Kunyit (2 cm)
  6. Ketumbar (1 sdt)

Nih dia mom, Cara Membuat Mie Ayam:

  1. Pertama, tumis bumbu yang di haluskan hingga keluar bau harum dan berubah warna, lalu masukkan ayam yang telah di potong aduk hingga rata dan matang
  2. Lalu tambahkan dengan air secukupnya saja, lalu biarkan hingga mendidih. Setelah itu beri dengan kecap asin, manis, inggris serta penyedap rasa lalu aduk hingga merata
  3. Lalu tiriskan ayam dan taruhlah ke dalam wadah
  4. Lalu sajikan ke dalam mangkuk, lalu tambahkan dengan mie yang telah di rebus
  5. Lalu masukkan ayam yang telah di rebus di atas mie lalu sirami dengan kuahnya lalu tambahkan daun sawi, daun bawang serta bawang goreng secukupnya saja
  6. Nah jika perlu tambahkan dengan saus tomat

Nah mom, mudah bukan Cara Membuat Mie Ayam dan gak ribet pastinya. Yuk mom cobain deh resep di atas, pasti di jamin langsung bisa hehehe..

 

Tinggalkan Balasan